Selasa, 05 Juli 2011

Isi Baterai Laptop dengan Tenaga Ketik.

wah-wah... ternyata semua bisa dimanfaatkan pada zaman canggih seperti saat ini, sampai-sampai mengisi baterai laptop saja dari laptopnya sendiri...

Melbourne - Madhu Bhaskara, peneliti dari RMIT University, Melbourne baru-baru ini menemukan alternatif mengisi baterai laptop, yakni memanfaatkan energi yang kita keluarkan saat mengetik. 

Peneliti tersebut menggunakan metode piezoelektrik. Metode ini bekerja dengan cara yang mirip dengan pemantik rokok yang menciptakan percikan kristal piezoelektrik.

Untuk daya laptop, bahan piezoelektrik akan dikembangkan dengan menggunakan nanoteknologi. Bahan ini sangat tipis, dapat dilapisi ke berbagai bagian elektronik dan diintegrasikan ke dalam berbagai perangkat bergerak.

"Piezoelectrics dapat diintegrasikan ke dalam sepatu lari untuk mengisi ponsel,” kata Dr Madhu Bhaskara, PhD Electronic Materials Engineering dari RMIT University, Melbourne. Metode yang sama juga bisa digunakan pada laptop melalui kerja mengetik atau bahkan digunakan untuk mengubah tekanan darah menjadi sumber daya untuk alat pacu jantung.

Para ilmuwan juga mencari cara untuk daya perangkat layar sentuh dengan bahan filmpiezoelektrik. Metodenya sama dengan piezoelektrik. Bahan ini diletakkan pada semua permukaan yang tersentuh jari.

Bagaimana sobat, canggihkan... hehe...............


By Sapro

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank you on the visit!
Please leave a message for this blog!

Terima kasih anda telah mengunjungi blog ini yang masih "alakadarnya", dan tolong tinggalkan pesan/saran untuk blog ini, mengenai tampilan, posting atau yang lainnya.

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA. Thanks you for visiting!
Share |