Minggu, 08 Februari 2009

KERJA AKAL = FILSAFAT


Konon, orang yang mula-mula sekali menggunakan akal secara serius adalah orang yunani bernama thales (Kira-kira tahun 624-546 SM). Orang inilah yang digelari bapak Filsafat. Gelar ini diberikan karena ia mengajukan pertanyaan yang aneh “Apakah sebenarnya bahan alam semesta ini?”. Ia sendiri menjawab, air. Setelah itu silih bergantilah filosof sezamannya dan sesudahnya mengajukan jawabannya. Semakin lama persoalan yang dipikirkan oleh manusia semakin luas, dan semakin rumit pula pemecahannya.

Buah pemikiran yaitu kerja akal yang mulai mengagetkan manusia awam barangkali pertama kali dilontarkan oleh heraclius yang hidup pada sekitar tahun 500-an SM, yaitu tatkala ia berkata bahwa sesungguhnya yang sungguh-sungguh ada, yang hakikat, adalah gerak dan perubahan. Jadi apabila orang awam melihat sebuah patung dini hari yang diam, sesungguhnya patung itu bergerak dan berubah terus; demikian heraclius. Indera lah yang tertipu atau menipu. Kemudian filosof lain, Seorang yunani juga berhasil menyusun argumentasi untuk membuktikan sebaliknya yang hakikat, yang sungguh-sungguh ada, ialah diam, tetap, tak berubah, tak bergerak. Kalau kita melihat anak panah yang meluncur dari busurnya, sesungguhnya anak panah itu dapat dibuktikan oleh Parmanides tidak bergerak dan diam.

Cerita diatas telah memperlihatkan bahwa karya akal memang cukup hebat. Keadaan itu dibuat semakin ramai oleh kemunculan seorang yang bernama Zeno, juga seorang yunani yang lahir pada kira-kira tahun 490 SM. Kemunculannya barangkali dapat dianggap menandai mulainya pemikiran sofisme. Ia berhasil membuktikan bahwa ruang kosong itu tidak ada. Pluralitas itu juga tidak ada, Gerak tidak ada. Jadi semua yang mapan dalam pandangan orang awam ketika itu menjadi goyah. Inilah satu karya akal yang hebat itu, KEBIMBANGAN.
Lihat, Perhatikan, Ragukan, dan cari jawabannya.
artikel ini saya ambil dari http://www.orangtuhan.co.cc

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank you on the visit!
Please leave a message for this blog!

Terima kasih anda telah mengunjungi blog ini yang masih "alakadarnya", dan tolong tinggalkan pesan/saran untuk blog ini, mengenai tampilan, posting atau yang lainnya.

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA. Thanks you for visiting!
Share |