Senin, 20 Februari 2012

Membedong Bayi


 Artikel ini ku posting dari blog tetangga karena teringat temenku yang baru aja punya anak, selamat ya???? heheh................

SAAT bayi rewel, orang tua biasanya menyarankan ibu untuk membedong si buah hati. Alasannya, kain bedong bisa menenangkan karena tiruan rahim ibu. Tapi ada pula yang menyebutkan kain bedong bisa meluruskan kaki si bayi.

Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia, Rinawati Rohsiswatmo, membenarkan kain bedong bisa membuat bayi tidur lebih nyenyak dan lama. Tapi ia membantah bila kain bedong bisa membuat kaki bayi lurus.

"Membedong dengan ketat untuk meluruskan kaki bayi itu tindakan keliru. Jika kaki bayi dipaksa lurus, akibatnya bisa bahaya, sendi panggul bisa keluar, akibatnya bisa menyebabkan pincang saat si anak besar kelak," jelasnya.

Menurutnya, kaki bayi akan berbentuk huruf O hingga usia dua tahun. Jadi tak perlu dipaksakan lurus. Yang patut dikhawatirkan bila kaki bayi berbentuk huruf X.

Membedong dapat membuat bayi merasa lebih hangat. Kain panjang itu pun dapat melindungi bayi dari cuaca dingin dan angin. Sebab, bayi yang baru lahir masih harus beradaptasi dengan lingkungan baru di luar rahim.

Menurut Rinawati, membedong tidak boleh sembarangan. Bungkusannya tidak boleh terlalu ketat. Nah, apa saja yang harus diperhatikan dalam membedong bayi?

1. Pilihlah bahan katun atau dari serat alam yang lembut. Bahan ini masih memungkinkan udara mengalir, sehingga tidak mengganggu  kesehatan kulit bayi.

2. Lipatan bedong tidak boleh terlalu ketat, agar bayi tidak merasa sesak dan  tetap bisa bernapas lega. Lipatan yang pas tidak akan menyakiti tubuh bayi dan  tidak mengganggu ruang geraknya.

3. Lipatan bedong jangan sampai melewati atau menutupi wajah bayi, agar sistem pernapasannya tidak tergganggu.

4. Jangan tinggalkan bayi dalam keadaan dibedong tanpa pengawasan orang dewasa, apalagi di atas tempat yg tinggi. Pasalnya sekecil apapun gerak bayi, tetap berpotensi  membuatnya terguling dan terjatuh.

5. Periksa bedong setiap waktu. jangan sampai bayi merasa kepanasan, atau merasa tak nyaman karena popoknya basah.

6. Tidak perlu membedong bayi saat cuaca panas atau dalam ruangan pengap, kecuali untuk keperluan tertentu, misalnya memudahkan saat menyusui.
Sumber: http://www.cybercityindonesia.com/blogs/2507/3192/jangan-asal-membedong-bayi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank you on the visit!
Please leave a message for this blog!

Terima kasih anda telah mengunjungi blog ini yang masih "alakadarnya", dan tolong tinggalkan pesan/saran untuk blog ini, mengenai tampilan, posting atau yang lainnya.

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA. Thanks you for visiting!
Share |