Minggu, 19 April 2009

SQL Server 2005 dan Visual Studio 2005 Raih Technology of The Year



Dalam ajang penghargaan teknologi tahunan dari InfoWorld rilis terakhir, 2 Januari 2006, SQL Server 2005 dan Visual Studio 2005 mendapatkan Infoworld 2006 Technology of the Year Award untuk kategori Best Enterprise Database dan Best IDE. InfoWorld melihat di tahun 2005 vendor-vendor besar merilis produk database utama mereka, namun, berita yang paling ditunggu adalah rilis ambisius dari Microsoft database, yaitu SQL Server 2005. Mereka melihat fitur sekuriti yang lebih baik, integrasi dengan .NET, dan fitur ketersediaan yang lebih kuat adalah faktor yang lebih dari yang lain. Seperti diperkirakan InfoWorld setahun yang lalu, ternyata pasar belum siap dengan fitur database grid atau dynamics cluster, meskipun ceruk pasar yang spesifik tetap ada. Masih dibutuhkan beberapa tahun ke depan sebelum pasar grid ini bangkit.

Bagi InfoWorld, tidaklah mengejutkan apabila Visual Studio 2005 adalah rilis tools pengembang yang paling penting di antara semua IDE di tahun 2005. Secara teknis, VS 2005 dibuat sempurna. Microsoft dalam hal ini mendapatkan kredit dari InfoWorld, tidak hanya dari sisi teknologi saja, tetapi juga dari sisi desain IDE dan bagaimana Microsoft menawarkannya ke pasar. VS 2005 merupakan ramuan terbaik dari imaginasi para pengembang Microsoft sendiri. Sederhananya, apabila anda ingin tahu apa yang pengembang inginkan, tanyakanlah pada pengembang. Salah satu kelebihan Visual Studio 2005 dan SQL Server 2005 adalah kelengkapan edisi yang menjangkau semua segmen pasar. Bagi pengembang dan pengguna dengan anggaran terbatas, tersedia SQL Server 2005 Express Edition dan Visual Studio 2005 Express Edition yang bebas biaya. Di segmen UKM tersedia edisi SQL Server 2005 Workgroup Edition dan Standard Edition beserta Visual Studio 2005 Standard Edition dan Professional Edition. Di segmen atas, tersedia SQL Server 2005 Enterprise Edition dan Visual Studio Team System (VSTS). VSTS sendiri menyediakan fitur kolaborasi pengembang disertai fitur issue tracking, QA, automated builds, dan source-code control yang kuat.

Hermawan Sutanto, Product Marketing Manager Microsoft Indonesia menyatakan, "Resep keberhasilan ini adalah karena Microsoft juga sangat fokus terhadap kebutuhan konsumen akhir itu sendiri, di samping masalah fitur yang selama ini menjadi fokus para pemain TI yang lain. Terutama bagaimana konsumen akhir menginginkan investasi TI yang optimum sesuai dengan anggaran dengan fitur yang bisa memenuhi kebutuhan bisnis mereka". Hal ini terlihat dengan dirilisnya edisi-edisi yang menjawab kebutuhan setiap segmen pasar dan menawarkan solusi dengan price/performance terbaik. Terbukti dari hasil TPC benchmark yang ada, 7 peringkat dari peringkat 10 besar TPC-C Price/Performance, SQL Server adalah pemenangnya. Bahkan SQL Server 2005 ada di urutan puncak dengan skor $0,99/tpmC".

Dalam kesempatan terpisah, Erwin Purwadarma, CIO PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, menyatakan tidak heran dengan keberhasilan ini. "Pada saat kami menjadwalkan porting aplikasi core insurance kami dengan Visual Studio 2005 selama 4 bulan, pada kenyataannya, proyek bisa diselesaikan dalam 2 bulan dengan learning curve pengembang kami yang sangat singkat." Menurut Erwin, selain peningkatan fitur, VS 2005 memiliki kemudahan untuk dipelajari dan dipergunakan. "Menjawab animo pasar terhadap SQL Server 2005 dan Visual Studio 2005 ini, kami juga sudah menjadwalkan untuk segera menyediakan ke pasar tenaga-tenaga yang certified dengan memberikan ujian bebas biaya untuk 1.000 orang di Indonesia", kata Hermawan. "Terbentuknya ekosistem yang sempurna akan terjadi apabila teknologi baru dirilis ke pasar dan tersedia tenaga kerja berkompeten dan certified yang mampu mengimplementasikan, mengoperasikan, dan merawatnya sehingga konsumen akhir dan keseluruhan ekosistem dapat memetik manfaatnya", tambahnya.

V. Sugeng Hardojo, Managing Editor, PT Elex Media Komputindo, mengatakan, "Hingga hari ini sudah tersedia di pasar 9 judul buku berbahasa Indonesia yang mengupas teknologi SQL Server 2005 dan Visual Studio 2005 dari 7 judul yang tersedia saat launch produknya. Kami sangat mendukung inisiatif dari prinsipal untuk meningkatkan adopsi teknologi melalui kerjasama penyediaan buku-buku lokal yang mengupas teknologi terbaru. Terbukti kerjasama dengan Microsoft Indonesia dalam menyediakan buku SQL Server 2005 dan VS 2005 dalam waktu bersamaan dengan ketersediaan produknya di pasar, merupakan rekor tersendiri bagi kami dalam merilis buku teknologi rilis terbaru". (Sumber: http://unilanet.unila.ac.id/)
By, Sapro

2 komentar:

  1. BlueHost is the best web-hosting provider for any hosting services you might require.

    BalasHapus

Thank you on the visit!
Please leave a message for this blog!

Terima kasih anda telah mengunjungi blog ini yang masih "alakadarnya", dan tolong tinggalkan pesan/saran untuk blog ini, mengenai tampilan, posting atau yang lainnya.

 
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA. Thanks you for visiting!
Share |